Sabtu, 04 Oktober 2014

Manusia Dan Kasih Sayang

Ilmu Budaya Dasar




Nama: Redo Parsaoran Siregar
NPM: 38414983
Jurusan: Teknik Industri

Universitas Gunadarma
Tahun Ajaran 2014/2015





Daftar Isi

Manusia Dan Kasih Sayang
A.    Pengertian Cinta Kasih
B.     Cinta Menurut Ajaran Agama
1.      Cinta Diri
2.      Cinta Keapada Sesama Manusia
3.      Cinta Seksual
4.      Cinta Kepada Allah
C.    Makna Kasih Sayang
D.    Kasih sayang Dalam Keluarga
E.     Kemesraan
F.     Pemujaan
G.    Belas Kasih
H.    Pengalaman
I.       Daftar pustaka







Manusia Dan Kasih Sayang
A.    Pengertian Cinta Kasih
Kamus umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminto, cinta adlah rasa sangat suka (kepada) ata (rasa) sayang (kepada), ataupun (rasa) sangat kasih atau sangat tertarik hatinya. Sedangkan kasih artinya perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasihan. Arti dari cinta dan kasih hamper sama, sehingga kasih memperkuat rasa cinta. Cinta kasih dapata diartikan sebagai perasaan suka (sayang) kepada seseorang yang disertai dengan menaruh belas kasihan.
Cinta dan kasih mengandung arti hampir bersamaan. Namun terdapat perbedaan antara keduanya. Cinta lebih mengandung pengertian mendalamnya rasa, sedangkan kasih lebih keluarnya, dengan kata lain bersumber dari cinta yang mendalam itulah kasih dapat di wujudkan secara nyata.
Cinta kasih dirasakan oleh semua manusia bukan hanya orang yang mempunyai pasangan, tetapi di dalam keluarga kita bisa merasakan cinta yang utuh dan kasih dari ayah maupun ibu baik dalam bentuk nyata seperti hadiah, pelukan, perhatian, dan sebagainya. Dalam bentuk abstrak seperti kasihsayang, dukungan, dan sebagainya
B.     Cinta Menurut Ajaran Agama
Ada cinta yang disyaratkan agama untuk kita melakukannya yaitu,

1.      Cinta diri
Cinta diri erat kaitannya dengan menjaga diri. Manusia sangat senang untuk tetap hidup, mengembangkan potensi dirinya, dan mengaktualisasikan diri serta ia mencintai segala kebaikan yang datang kepada dirinya. Manusia akan membenci segala sesuatu yang menghalanginya untuk hidup, berkembang dan mengaktualisasikan diri. Ia  juga membenci segala sesuatu yang mendatangkan rasa sakit, penyakit dan mara bahaya.
2.      Cinta kepada sesama manusia
Sesama manusia harus menyeimbangkan cintanya itu dengan kasih sayang kepada orang-orang lain agar bisa membatasi cintanya pada diri sendiri dan egoismenya.
Manusia yang menyeimbangkan antara cintanya kepada diri sendiri dan cintanya pada orang lain, dan dengan demikian akan bisa menrealisasikan kebaikan individu dan masyarakat.
3.      Cinta Seksual
Cinta erat kaitannya dengan dorongan seksual, sebab ialah yang bekerja dalam melestarikan kasih sayang, keserasian, dan kerja sama antara suami istri. Doronga seksual melakukan suatu fungsi penting, yaitu melahirkan keturunan demi kelangsungan jenis.
Lewat dorongan seksualan terbentuk keluarga. Dari keluarga terbentuk masyarakat dan bangsa. Dengan demikian bumi pun menjadi ramai, bangsa-bangsa salingkenal mengenal, kebudayaan berkembang, dan ilmu pengetahuan dan industri menjadi maju.
4.      Cinta Kepada Allah
Puncak cinta manusia, yang paling bening, jernih dan spiritual ialah kepada allah dan kerinduannya kepadan-Nya. Tidak hanya dalam pujian, dan doanya saja tetapi juga dalam semua tindakan dan tingkah lakunya.
Cinta yang ikhlas seseorang kepada Allah akan membuat cinta itu menjadi kekuatan pendorong yang mengarahkannya dalam kehidupannya dan menundukan semua bentuk kecintaan lainya. Cinta ini pula yang membuat seorang yang cinta pada sesama manusia, hewan, semua makhlik Allah dan seluruh alam semesta.

C.    Makna Kasih Sayang
Kamus umum Bahasa Indonesia karangan W.J.S Purwodarminto, mengartikan kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam kehidupan rumah tangga kasih sayang merupakan kunci kebahagiaan. Kasih sayang ini merupakan pertumbuhan dari cinta. Percintaan muda-mudi bila diakhiri dengan perkawinan, maka di dalam berumah tangga keluarga muda itu bukan lagi bercinta-cintaan, tetapi bersifat kasih mengasihi atau saling menumpahkan kasih sayang.
            Unsur-unsur kasih sayang yaitu tanggung jawab, pengorbanan, kejujuran, saling percaya, saling pengertian, saling terbuka, sehingga membuat pasangan menjadi kesatuan yang bulat dan utuh
            Bila salah satu unsur kasih sayang hilang, misalnya unsur tanggung jawab, maka retaklah keutuhan rumah tangga itu. Kasih sayang yang tidak disertai kejujuran , akan terancam kebahagiaan rumah tangga itu
            Semua dapat merasakan kasih sayang dari kakek nenek hingga bayi yang masih merah pun dapat mersakan kasih sayang. Bayi yang masih merah telah dapat mersakan kasih sayang dari sentuhan dan suara dari kedua orang tuanya. Hal ini karena bayi telah memiliki kepribadian.
            Kasih sayang itu tampak sekali bila seorang ibu sedang menyusui atau menggendong bayinya itu diajak bercakap-cakap, ditimang-timang, dinyanyikan, msekipun bayi itu tak tau kata-kata, lagu dan sebagainya.
            Jadi kasih sayang dialami oleh setiap manusia, karena kasih sayang merupakan bagian hidup manusia. Sejak lahir anak telah mengenal kasih sayang, meskipun ada pula kelahiran anak yang tidak diharapkan. Kelahiran anak yang tidak diharapkan umumnya bukan lahir karena hasil kasih sayang.
Kasih sayang yang berlebihan cendrung merupakan pemanjaan. Pemanjaan anak berakibat tidak baik, karena umunya anak yang dimanjakan menjadi anak yang sombong, pemboros, tidak saleh, dan tidak menghormati orang tua


D.    Kasih Sayang Dalam Keluarga
Bila percintaan pria-wanita diakhiri dengan perkawinan maka dalam kehidupan berumah tangga, keluarga ini akan menemukan kebahagiaan mereka.
Zaman sekarang ini banyak orang merasakan bahwa kebahagiaan itu adalah suatu keadaan abstrak yang sulit dicapai. Memang seringkali manusia tidak dapat lolos dari kesulitan sosial dan ekonomi. Namun dengan membangun kasih sayang setidak-tidaknya kita mempunyai suatu tempat yang damai dan teduh di tengah kemelutnya persoalan hidup.
Namun patut disayangkan bahwa kasih sayang sebagai norma atau nilai hidup yang luhur seringkali  sudah di tinggalkan orang. Di Indonesia terutama di kota-kota besar, tampaknya sudah biasa menerima gaya hidup yang tanpa dilandaskan kasih sayang antara kedua pasangan. Betapa kita sering mendengar gossip-gosip tentang keluarga si anu yang mulai retak atau ternyata salah seorang tetangga kita ternyata adlah istri kedua pejabat si anu atau simpanan pengasuh itu.
Untuk itu kita perlu menanamkan bumbu-bumbu kasih di dalam sebuah keluarga walaupun di terpa  masalah, dengan kasih sayang dalam keluarga kita bisa memberikan dorongan, membantu sesame, menguatkan bersama, agar tidak terjadi keruntuhan di dalam rumah tangga

E.     Kemesraan
Kemesraa berasal dari kata mesra, yang artinya perasaan simpati yang akrab. Kemesraan ialah hubungan yang akrab baik antara pria wanita yang sedang di mabuk asmara maupun yang sudah berumah tangga.
Kemesraan pada dasarnya merupakan kasih yang telah mendalam. Filsuf Rusia, Salovjev dalam bukunya “Makna Kasih” menyatakan “Jika seorang pemuda  jatuh cinta pada seseorang gadis secara serius, ia terlempar dari cinta diri. Ia mulai hidup untuk orang lain.
Kemampuan mencintai memberi nilai hidup kita, dan menjadi ukuran terpenting dalam memnutukan apakah kita majuatau tidak dalam evolusi ini. Cinta yang berlanjut menimbulkan rasa mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta.
Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia, diataranya menciptakan berbagai bentuk seni dengan kemampuan dan bakatnya, seperti puisi, syair lagu, seni rupa, dan sebagainya.
F.     Pemujaan
Pemuajaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada Tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasih ritual. Karena pemujaan kepada Tuhan adalah inti, nilai dan makna kehidupan yang sebenarnya.
Tuhan adalah pencipta, tetapi Tuhan juga penghancur segalanya, bila manusia mengabaikan segala perintahnya. Karena ketakutan manusia selalu mendampingi hidupnya dan untuk menghilangkan ketakutan itu manusi memuja-Nya.
Karena itu jelaslah bagi kita semua, bahwa pemujaan kepada Tuhan adalah bagian hidup manusia, karena Tuhan pencipta semesta termasuk manusia itu sendiri dan penciptaan semesta untuk manusia.
Bila setiap hari sekian kali manusia memuja kebesaranya dan selalu mohon apa yang kita inginkan, dan Tuhan selalu mengabulkan permintaan umat-Nya, maka wajarlah cinta manusia kepada Tuhan adalah cinta mutlak, cinta yang tidak dapat ditwar-tawar lagi. Alangkah besar dosa kita, apabila kita tidak mencintai-Nya.


G.    Belas Kasihan
Dalam surat Yohanes dijelaskan ada tiga macam cinta. Cinta agape adalah cinta manusia kepada Yang Maha Esa. Cinta philia ialah cinta manusia kepada orang tua mereka dan saudar-saudaranya. Cinta amor/erosialah cinta antara pria dan wanita. Beda antar amor dan eros ialah cinta amor ada unsur-unsur yang sulit dinanar, seperti wanita cantik mencintai pria kerdil, sedangkan cinta eros karena kodrati sebagai laki-laki dan perempuan.
Disamping itu ada cinta terhadap sesama. Cinta terhadap sesama merupkan gabungan cinta agape dan cinta philia.
Kasihan atau rahmah berarti simpati kepada nasib atau keadaan yang di derita orang lain. Rahmah dengan rahman berbeda. Kalau rahman ada usnsur memberi. Sedangkan rahmah adalah kita menaruh perhatian terhadap penderitaan orang lain, lalu kita menujukan jalan keluar kepdanya. bila kita menaruh rasa simpati kepada orang yang tidak dalam kesulitan, sehingga menyebabkan rusak/menjerumuskan itu disebut memanjakan. Perbuatan atau sifat belas kasihan adalah orang yang berahklak.
Berbagai macam orang memberi belas kasihan bergantung pada situasi dan kondisi. Ada yang memberi uang, ada yang memberikan barang, ada yang memberikan pakaian, makanan dan sebagainya.







H.  Pengalaman Pribadi
Cinta kasih ku dengan keluargalah yang paling utama, karena dengan saling mencintai dan mengasihi segala persoalan di dalam keluarga ku bisa di perkuatkan untuk melewatinya. Aku Redo Parsaoran Siregar sangat mencintai keluarga ku yang ada di sumatera sana terutama mama ku, aku sangat mencintainya karena dia telah mengasihi ku dari bayi yang masih merah hingga aku kuliah dan merantau. Cinta terhadap keluarga pasti cinta akan Tuhannya, mulai dari ibadah, berdoa pun selalu aku lakukan untuk menjaga komunikasi ku dengan-Nya.
Aku pernah mempunyai seorang kekasih yang sangat ku cintai, ku beri perhatian, dan rasa sayang. Walau ini hanya sekedar pacaran masa SMA, masa-masanya alay yang saat pacaran tiap malam telfonan kemudian saat menutup telfon ada yang dulu-duluan. Semua itu masa putih abu-abu yang sangat berharga karna hanya sekali kita merasakan seperti itu
Kepada Tuhan pun aku diberi kasih sayang  karna sampai sekarang aku masih bisa bertemu keluarga, sudara, dan teman-teman ku. Tuhan tahu bila kasih dan sayang yang tulus dari hati akan merealisasikan tindakan-tindakan yang sulit terjadi. Seperti seorang yang tulus mencintai anaknya pasti suatu saat nanti ia akan membalas cinta bapaknya dengan cita-cita yang telah diraihnya.
Walau pun aku mahasiswa tingkat pertama di Gunadarma tapi aku sangat menyukai menuntut ilmu disini. Universitas Gunadarma ini merupakan batu loncatan buat ku untuk menggapai masa depan ku yang cerah menjadi seorang wirausaha di bidang industri pabrik.
Terhadap saudara-saudara kupun saling memberi perhatian serta kasih sayang yangembuat keakrapan terjadi dan rasa saling menjaga tanpa adanya mengasingkan saudara-saudara kita yang berbeda dari bentuk, akhlak, maupun agama. Karana Tuhan pun tidak membeda-bedakan kasihnya kepada Umat setia pengikut di jalan yang benar.
Dalam hal apapun kita harus kita harus kasih serta sayang, dalam bekerja, belajar, kuliah, karena dengan begitu kita akan lebih mudah menjalankannya ketika kita menyukai itu, mulai dari menyukai kita akan memberikan kasih dalam kegiatan kita yang membuat pekerjaan itu semakin produktif dan efisien.
Perkuliahan pun begitu, walaupun banyak tugas serta tambah-tamabahn lainnya kita harus mensyukuri karena dengan begitu kita bisa menjadi pribadi yang lebih mampan dan baik kedepannya. Aku sangat menyukai perkuliahan ku, bila aku tidak menyukainya pasti aku tidak akan menyelesaikan tugas ini dengan baik dan benar.
Keluarga ku sangat mendukung dan memberi perhatian kepadaku untuk mensukseskan perkuliahan ku, aku sangat perlu support-suport terutama dari keluarga ku yang membesarkan ku hingga saat ini.
Kepada Tuhan pun aku tak luput untuk memanjatkan doa dan puji-pujian kepda-Nya karna hal ini lah yang membuat kasih sayang yang kekal kepada sang pencipta agar kita di bantu dalam persoalan apapun yang akan kita hadapi.










I.      Daftar Pustaka
Prastya Tri Joko, dkk . 2013. Ilmu Budaya dasar. Jakarta: PT Rineka Cipta


Tidak ada komentar:

Posting Komentar