Minggu, 03 Januari 2016

Lagu penyenmangat rasa nasionalisme "BENDERA"



Oleh: Cokelat

Band yang lebih banyak berisi tema nasinalisme pada lagunya. Pada era globalisasi seperti sekarang kita memang butuh penyemangat sekaligus pemer satu dan menurut saya lagu ini mewakili persaan indonesia ke khalayak luas apalagi di era modern seprti saat ini, lagu ini mudah tersebar dan lyricnya mudah di ingat serta syairnya yang menggugah semangat. pada awalnya lagu ini memang diciptakan untuk Indonesia sebagai hadiah kemerdekaan beberapa waktu silam. Kurang lebihnya inilah yang ingin disampaikan group band cokelat kepada pendengar lagu ini…


Biar saja ku tak sehebat matahari
Tapi slaluku coba tuk menghangatkanmu
Biar saja ku tak setegar batu karang
Tapi slalu ku coba tuk melindungimu

Pada bait pertama lagu ini, menyampaikan bahwa tidak harus menjadi kuat untuk mempertahankan sesuatu karena yang terus mencobalah yang akan bertahan.

Pada bait kedua baris pertama, melukiskan perjuangan/ mengabdian yang akan dilakukan seseorang terhadap negaranya meskipun ia seorang pemuda biasa dengan segala kekurangannya.

Reff :Biar saja ku tak seharum bunga mawar
Tapi slalu kucoba tuk mengharumkanmu
Biar saja ku tak seelok langit sore
Tapi slalu kucoba tuk mengindahkanmu

Pada bait ketiga dimaksudkan agar para pemuda akan menjaga harkat dan martabat negaranya demi menghormati dan menghargai jasa sang pahlawan dan merupakan bentuk penghargaan dari para pahlawan yang telah memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Perjuangan para pahlawan disadari atau tidak sering terlupakan atau dianggap sepele, dalam lirik ini jelas tersirat bahwa kita sebagai bangsa Indonesia harus selalu menjaga kemerdekaan yang telah diperjuangkan tersebut dengan tetap berkibarnya bendera merah putih.

Kupertahankan kau demi kehormatan bangsa
Kupertahankan kau demi tumpah darah
Semua pahlawan-pahlawanku

Merah putih teruslah kau berkibar
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
Merah putih teruslah kau berkibar
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini
Merah putih teruslah kau berkibar
Ku akan selalu menjagamu

Dalam lirik bait keempat ini band cokelat ingin membangkitkan semangat bangsa agar tetap mengibarkan bendera kebangsaan kita dengan prestasi yang dapat membanggakan bangsa ini. Untuk melakukan penghargaan terhadap perjuangan yang telah dilakukan oleh pahlawan tidak perlu dengan membela bangsa dalam peperangan, tetapi dapat dilakukan dengan berbagai cara. Menjaga bendera merah putih agar tetap berkibar diujung tiang tertinggi  dimaksudkan agar semua orang dapat melihat bahwa merah putih masih tetap berkibar hingga saat ini.

Back to Reff.
Oooh… oohh…




Referensi: http://lirik.kapanlagi.com/artis/cokelat/bendera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar